KUMPULAN SYAIR CINTA KARYA JALALUDIN RUMI

by Ruangrizqi on 01:40 AM, 11-Nov-09

I.

Cinta mengubah kepahitan menjadi manis

tanah dan tembaga menjadi emas

yang keruh menjadi jernih

si pesakitan menjadi sembuh

penjara menjadi taman

derita menjadi nikmat

kekerasan menjadi kasih sayang



II.

Cintalah yang telah melunakkan besi

mencairkan batu

membangkitkan yang mati

meniupkan kehidupan pada jasad tak bernyawa

mengangkat hamba menjadi sang majikan



III.

Cinta bagaikan sayap

dengannya manusia terbang di angkasa

menggerakkan ikan menuju jala sang nelayan

menghantar si kaya meraih bintang di langit ketujuh

Cinta berjalan di gunung

maka gunungpun bergoyang menari



IV.

Cinta itu kekayaan sejati

takkan bersatu dengannya

singgasana raja dan sultan

siapa yang telah mencicipi

takkan ada lagi anggur yang melebihi

Cinta adalah raja diraja

kekuasaan rajapun bersujud di hadapannya

sultan dan khalifah menjadi budaknya




V.

Cinta bagaikan penyakit tanpa obat

setiap penderita meminta ditambahkan penderitaannya

dengan suka cita mereka berharap

kepedihan dan derita dilipatgandakan

Takkan ada minuman di dunia

yang manisnya melebihi racun ini

Takkan ada lagi kesehatan di dunia

yang lebih baik dari penyakit ini





Cinta memanglah penyakit

tetapi, penyakit yang menyembuhkan semua penyakit
siapa saja yang pernah mengidapnya

takkan pernah lagi menderita penyakit lain



VI.

Cinta adalah warisan Sang Adam

sedangkan kecerdikan itu barang dagangan syetan

tempat si cerdik dan bijaksana bersandar pada jiwa dan akalnya

Cinta berarti penyerahan dri

karena akal bagaikan seorang perenang

yang terkadang sampai ke tepian

sering juga tenggelam di tengah jalan

Tak sebanding dengan Cinta ini

ibarat bahtera Nuh yang terselamatkan



VII.

Tidak setiap kita berhak dicintai

karena syarat dicintai adalah akhlak dan keutamaan

namun ambil bagianmu sebagai pecinta dan nikmatillah

Jika dirimu tidak menjadi yang dicintai

maka jadilah yang mencintai

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

68 responses to "KUMPULAN SYAIR CINTA KARYA JALALUDIN RUMI"

iduymorison [11:56 AM, 03-Nov-10]

LIKE THIS...

tania [08:37 PM, 22-Nov-10]

ok...!!!!
buanged deh syair nya

tania [08:37 PM, 22-Nov-10]

ok...!!!!
buanged deh syair nya

durroh [09:32 AM, 08-Dec-10]

subhanallah...........sungguh nenggugah hati para pecinta

adi [04:43 PM, 04-Feb-11]

top markotop

irma suryani [09:52 AM, 05-Feb-11]

sangat menggugah

monika [03:27 AM, 11-Mar-11]

menyentuh hati

Roy [06:38 PM, 20-Mar-11]

Hamdan li man syarrofana bil mustofa,subhanallooh,,ajiiibb

darmo [10:11 AM, 28-Mar-11]

tak seorangpun mampu mengartikan cinta, bila tiada cinta

amin [08:33 AM, 31-May-11]

Semoga kt hidup penuh dngn cinta

riev [09:00 PM, 20-Jun-11]

nice...

Nasikin matoha [09:18 PM, 06-Jul-11]

jiwa ini tenggelam dalam ayunan pada sang pecinta abadi

Crondo Izumi [11:17 PM, 28-Jul-11]

O manusia, jangan tenggelamkan jiwamu dalam cinta.
Tapi larutkanlah jiwamu pada cinta.

Aying [03:52 AM, 04-Aug-11]

Aku berputar sama sprti km... Tak takut walau tak trbang... Diam Krna kegelapan namun ada Cinta.

Annisa [12:49 PM, 08-Aug-11]

DAMN,, amazing.. kerend banget... sumpah aku suka Pusisinya... kerend hahaha biggrin

eka damayanti SPNAS DPS [05:48 PM, 21-Aug-11]

wau....!
bagi doungk syair na ...
hehehe

eka damayanti SPNAS DPS [05:50 PM, 21-Aug-11]

wau....!
bagi doungk syair na ...
hehehe

Eka Damayanti SPENAS Dps [05:52 PM, 21-Aug-11]

hahaha
sosuit bngetz dech..!

m.thufayl [03:38 PM, 27-Aug-11]

cinta dan kasih sayang adalah modal untuk meraih hidup bahagia, sejahtera dan damai.

tb.rudy [12:25 PM, 03-Sep-11]

sayang semua pembaca tdk ada yg MELEK, hal tersebut bukan cinta pada wujud manusianya, melainkan cinta kepada ALLAH Tuhan semesta Alam,...

Nelis [07:13 PM, 04-Sep-11]

Penciptanya membuat syair itu ditujukan kpd Allah.Apa pantas kt mmkai syair2 nya u/ hal lain?Bahkan banyak mereka memakainya u/ ucapan valentine

guruh munawar [11:55 PM, 08-Sep-11]

saya suka dan saya mengagumi..

nurfadilah [08:09 AM, 12-Sep-11]

cinta bawalah aku ke dlm pelukanmu

sari [06:56 PM, 13-Sep-11]

cinta itu mbawaku melintasi dunia rupa menembus sgl hakekat smp jiwa bertemu dgn yg maha cinta

tyo AL-Fathur Robbani [01:21 PM, 14-Sep-11]

semoga ruh snantiasa di sucikan ALLAH S.w.t.

iwan subintoro. SENDURO [10:23 PM, 15-Sep-11]

SUNGUH KARYA YG SANGAT MNYENTUH HATI,SUPAYA BS LEBIH BAIK DAN LEBIH BAIK LG DLM MNJALANI HIDUP.

Arran Sukmo Djati, [10:47 AM, 17-Sep-11]

bgtlah Tuhan mencipta dan mencinta.

masdan [12:30 PM, 19-Sep-11]

tak bs di ungkapkan dngn kata2..sngguh so suit2....haha..

Hadji ozie [08:37 PM, 19-Sep-11]

Karena cinta terangkat drajatnya,
Karena cinta dunia tertunduk padanya

adit [02:23 PM, 22-Sep-11]

like...inspirasi bikin kata2 indah kyak gitu datang dri mana..???

Dini Arvia [10:28 AM, 27-Sep-11]

subhanallah,

Amaria ulfa [02:09 PM, 27-Sep-11]

Subhanallah,,
sungguh indah syair2 y
mnggugah hati stiap org yg mmbca..
Ini lh arti cinta yg ssngguh y yaitu cinta kpda Allah swt..

Musyafir cinta [07:40 AM, 09-Oct-11]

Kedamaian cinta dr maha pecinta pd setiap yg mencinta dan di cinta,di dlm jiwa dan kehidupannya,sebarkan cinta untk alam semesta,musyafir cinta

shela suwandi [10:38 AM, 11-Oct-11]

cinta anugrah dari sang ilahhi ..

tinggal kita pandai pandai dalam memaknai arti cnta itu

feira nade 085852364777 [11:23 AM, 17-Oct-11]

cinta oh... cinta kau ada dimana ???????

marsel uran [12:27 AM, 18-Oct-11]

Rumi telah mengupas nya,dan aku menginginkannya,Bahkan lebih...!!

fahri459 [10:09 PM, 23-Oct-11]

langit dan bumi beserta isinya di ciptakan oleh allah s.w.t. atas dasar cinta

Ecka [05:43 PM, 24-Oct-11]

sip bnget tuch syairx

aida [10:09 AM, 01-Nov-11]

subhanallah, kadang diri ini penuh tuntutan, tanpa mengerti hakikatnya. maka jadilah yang mencintai

jaka alfaqir [06:08 PM, 08-Nov-11]

tiada kata yang mampu mengalahkan kalam cinta kepada Sang Tuhan

harpika [01:36 PM, 15-Nov-11]

subhanallah...
benar2 indah

alfahry ibn sabil [07:40 PM, 17-Nov-11]

emang topp,,,,, klo seorang sufi udah berbicara kaya bgini

daniel jbr [04:41 PM, 19-Nov-11]

pencapaian yg sangat luarbisa dan tinggi,dalam dunia sufi...

Roro Diana [02:43 PM, 25-Nov-11]

bgus bget........
bgi dong.....

ikramullah [11:38 AM, 30-Nov-11]

sayang jalaludin rumi telah meninggal.... aku ingin belajar mengerti apaarti cinta sesungguhnya

Nurhamidin Domili [07:01 PM, 30-Nov-11]

takan ada derita & takan ada air mata jika isi hatimu penuh dengan rasa cinta kepada allah.

Fazil [07:52 PM, 02-Dec-11]

Aku pun lahir atas cinta dua orangtua,jd Cinta yg dipanksa atau cinta yg mengedepankan hawa nafsu brujung kpd keburukan.Cinta..Cinta datanglah kepangkuanku..

rivki morais [12:08 AM, 09-Dec-11]

minta sya'irnya yah.. yang part 1

1001 puisi [01:12 PM, 28-Dec-11]

apa yg qt ketahui tntg cint4 selama ini hanyalah Luarx sj
krn Cinta yG sesungguhx adlh Rahasia dr Cinta itU sendiri..."

Bintang [11:26 PM, 30-Dec-11]

ijin mampir gan, silahkan kunjungi
mrbaktery.mywapblog.com

Gilang Rizki Kautsar [10:56 PM, 02-Jan-12]

penyair hebat sepanjang masa!

Najwa [07:27 AM, 04-Jan-12]

Mencitai-Mu..adalah hidup damai dalam api neraka...Wahai cinta kobarkan lagi untukku lebih panas membara

Rita Agustin [11:54 AM, 06-Jan-12]

Mencintaimu adalah semu bagiku, kau terlalu lama mengatakannya... akulah adalah bunag yang sedang menunggu kumbang yang hinggap dan mengambil manisnya madu.

Arasy [02:12 AM, 18-Jan-12]

cinta adalah tatapan mesra sang pemilik waktu.

virgo anieru [08:53 PM, 01-Feb-12]

lbih bnyk donk kata" nya coz w ska bnget am syair" nya ...

alam ikom [02:06 PM, 14-Feb-12]

mantap bnget syair2x.tmbain dikit dong....

rama [02:45 AM, 25-Feb-12]

jngan jdikan cinta itu memperbudak jasamu.tapi diperbudak lah ole rasa tangung jawab pada dri mu,..dan pada sang pencita sesuatu

ru'ya [09:24 PM, 04-Mar-12]

cinta yang tertulis dalam kata, terlalu menguak sejarah dibanding cinta dalam hati yang kan terkubur besama nanti....

iponks's [08:03 PM, 06-Mar-12]

Cinta itu adalah candu, yang menyeru pengikutnya untuk menebar kebaikan.
cinta itu adalah mesin yang menggerakan nahkodanya sampai tujuan.
cinta itu adalah belati yang menusuk tuannya tatkala tersesat.
Cinta itu adalah anugerah tatkala hati bertemu penciptanya

ikzan ngt 085755175444 [09:16 AM, 08-Apr-12]

cinta bnar2 terjadi di siapa aja
tapi cinta sperti apa yang haruz merasuk di dlm diri engkau
engkau yang smbunyi di tangkai bunga
tmpak ayo tmpakkn di bendak jwa ! smile

soelthan [11:41 PM, 13-Apr-12]

wow dah pokoknya mah...

sugeng [11:21 PM, 08-May-12]

ini lah cinta dalam keabadian dung ahirat menyatu dengan sang pemilik cinta

sugeng [11:22 PM, 08-May-12]

ini lah cinta dalam keabadian dung ahirat menyatu dengan sang pemilik cinta

syarif al qatani [02:25 AM, 04-Aug-12]

karya tokoh islam tak ada duanya..

lukman bandung [02:19 AM, 08-Aug-12]

cinta
cinta adalah nyata dan yang menghidupkan jasad, karya beliau adalah tulisan cinta pemilik cinta

echo [01:57 AM, 30-Sep-12]

cint adalah alasan untuk kita ada di dunia....

, koq ribet'' mikirin yang namanya cinta....

Disa [01:42 PM, 23-Oct-12]

Indah bgt kata-kata cinta nya

krisyanto [06:54 PM, 12-Apr-14]

semua sya'ir akan punah ketika dunia ini sirna

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images