KUMPULAN SYAIR CINTA KARYA JALALUDIN RUMI

Posted by Ruangrizqi on 01:40 AM, 11-Nov-09

I.

Cinta mengubah kepahitan menjadi manis

tanah dan tembaga menjadi emas

yang keruh menjadi jernih

si pesakitan menjadi sembuh

penjara menjadi taman

derita menjadi nikmat

kekerasan menjadi kasih sayang



II.

Cintalah yang telah melunakkan besi

mencairkan batu

membangkitkan yang mati

meniupkan kehidupan pada jasad tak bernyawa

mengangkat hamba menjadi sang majikan



III.

Cinta bagaikan sayap

dengannya manusia terbang di angkasa

menggerakkan ikan menuju jala sang nelayan

menghantar si kaya meraih bintang di langit ketujuh

Cinta berjalan di gunung

maka gunungpun bergoyang menari



IV.

Cinta itu kekayaan sejati

takkan bersatu dengannya

singgasana raja dan sultan

siapa yang telah mencicipi

takkan ada lagi anggur yang melebihi

Cinta adalah raja diraja

kekuasaan rajapun bersujud di hadapannya

sultan dan khalifah menjadi budaknya




V.

Cinta bagaikan penyakit tanpa obat

setiap penderita meminta ditambahkan penderitaannya

dengan suka cita mereka berharap

kepedihan dan derita dilipatgandakan

Takkan ada minuman di dunia

yang manisnya melebihi racun ini

Takkan ada lagi kesehatan di dunia

yang lebih baik dari penyakit ini





Cinta memanglah penyakit

tetapi, penyakit yang menyembuhkan semua penyakit
siapa saja yang pernah mengidapnya

takkan pernah lagi menderita penyakit lain



VI.

Cinta adalah warisan Sang Adam

sedangkan kecerdikan itu barang dagangan syetan

tempat si cerdik dan bijaksana bersandar pada jiwa dan akalnya

Cinta berarti penyerahan dri

karena akal bagaikan seorang perenang

yang terkadang sampai ke tepian

sering juga tenggelam di tengah jalan

Tak sebanding dengan Cinta ini

ibarat bahtera Nuh yang terselamatkan



VII.

Tidak setiap kita berhak dicintai

karena syarat dicintai adalah akhlak dan keutamaan

namun ambil bagianmu sebagai pecinta dan nikmatillah

Jika dirimu tidak menjadi yang dicintai

maka jadilah yang mencintai

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

68 responses to "KUMPULAN SYAIR CINTA KARYA JALALUDIN RUMI"

iduymorison on 11:56 AM, 03-Nov-10

LIKE THIS...

tania on 08:37 PM, 22-Nov-10

ok...!!!!
buanged deh syair nya

tania on 08:37 PM, 22-Nov-10

ok...!!!!
buanged deh syair nya

durroh on 09:32 AM, 08-Dec-10

subhanallah...........sungguh nenggugah hati para pecinta

adi on 04:43 PM, 04-Feb-11

top markotop

irma suryani on 09:52 AM, 05-Feb-11

sangat menggugah

monika on 03:27 AM, 11-Mar-11

menyentuh hati

Roy on 06:38 PM, 20-Mar-11

Hamdan li man syarrofana bil mustofa,subhanallooh,,ajiiibb

darmo on 10:11 AM, 28-Mar-11

tak seorangpun mampu mengartikan cinta, bila tiada cinta

amin on 08:33 AM, 31-May-11

Semoga kt hidup penuh dngn cinta

riev on 09:00 PM, 20-Jun-11

nice...

Nasikin matoha on 09:18 PM, 06-Jul-11

jiwa ini tenggelam dalam ayunan pada sang pecinta abadi

Crondo Izumi on 11:17 PM, 28-Jul-11

O manusia, jangan tenggelamkan jiwamu dalam cinta.
Tapi larutkanlah jiwamu pada cinta.

Aying on 03:52 AM, 04-Aug-11

Aku berputar sama sprti km... Tak takut walau tak trbang... Diam Krna kegelapan namun ada Cinta.

Annisa on 12:49 PM, 08-Aug-11

DAMN,, amazing.. kerend banget... sumpah aku suka Pusisinya... kerend hahaha biggrin

eka damayanti SPNAS DPS on 05:48 PM, 21-Aug-11

wau....!
bagi doungk syair na ...
hehehe

eka damayanti SPNAS DPS on 05:50 PM, 21-Aug-11

wau....!
bagi doungk syair na ...
hehehe

Eka Damayanti SPENAS Dps on 05:52 PM, 21-Aug-11

hahaha
sosuit bngetz dech..!

m.thufayl on 03:38 PM, 27-Aug-11

cinta dan kasih sayang adalah modal untuk meraih hidup bahagia, sejahtera dan damai.

tb.rudy on 12:25 PM, 03-Sep-11

sayang semua pembaca tdk ada yg MELEK, hal tersebut bukan cinta pada wujud manusianya, melainkan cinta kepada ALLAH Tuhan semesta Alam,...

Nelis on 07:13 PM, 04-Sep-11

Penciptanya membuat syair itu ditujukan kpd Allah.Apa pantas kt mmkai syair2 nya u/ hal lain?Bahkan banyak mereka memakainya u/ ucapan valentine

guruh munawar on 11:55 PM, 08-Sep-11

saya suka dan saya mengagumi..

nurfadilah on 08:09 AM, 12-Sep-11

cinta bawalah aku ke dlm pelukanmu

sari on 06:56 PM, 13-Sep-11

cinta itu mbawaku melintasi dunia rupa menembus sgl hakekat smp jiwa bertemu dgn yg maha cinta

tyo AL-Fathur Robbani on 01:21 PM, 14-Sep-11

semoga ruh snantiasa di sucikan ALLAH S.w.t.

iwan subintoro. SENDURO on 10:23 PM, 15-Sep-11

SUNGUH KARYA YG SANGAT MNYENTUH HATI,SUPAYA BS LEBIH BAIK DAN LEBIH BAIK LG DLM MNJALANI HIDUP.

Arran Sukmo Djati, on 10:47 AM, 17-Sep-11

bgtlah Tuhan mencipta dan mencinta.

masdan on 12:30 PM, 19-Sep-11

tak bs di ungkapkan dngn kata2..sngguh so suit2....haha..

Hadji ozie on 08:37 PM, 19-Sep-11

Karena cinta terangkat drajatnya,
Karena cinta dunia tertunduk padanya

adit on 02:23 PM, 22-Sep-11

like...inspirasi bikin kata2 indah kyak gitu datang dri mana..???

Dini Arvia on 10:28 AM, 27-Sep-11

subhanallah,

Amaria ulfa on 02:09 PM, 27-Sep-11

Subhanallah,,
sungguh indah syair2 y
mnggugah hati stiap org yg mmbca..
Ini lh arti cinta yg ssngguh y yaitu cinta kpda Allah swt..

Musyafir cinta on 07:40 AM, 09-Oct-11

Kedamaian cinta dr maha pecinta pd setiap yg mencinta dan di cinta,di dlm jiwa dan kehidupannya,sebarkan cinta untk alam semesta,musyafir cinta

shela suwandi on 10:38 AM, 11-Oct-11

cinta anugrah dari sang ilahhi ..

tinggal kita pandai pandai dalam memaknai arti cnta itu

feira nade 085852364777 on 11:23 AM, 17-Oct-11

cinta oh... cinta kau ada dimana ???????

marsel uran on 12:27 AM, 18-Oct-11

Rumi telah mengupas nya,dan aku menginginkannya,Bahkan lebih...!!

fahri459 on 10:09 PM, 23-Oct-11

langit dan bumi beserta isinya di ciptakan oleh allah s.w.t. atas dasar cinta

Ecka on 05:43 PM, 24-Oct-11

sip bnget tuch syairx

aida on 10:09 AM, 01-Nov-11

subhanallah, kadang diri ini penuh tuntutan, tanpa mengerti hakikatnya. maka jadilah yang mencintai

jaka alfaqir on 06:08 PM, 08-Nov-11

tiada kata yang mampu mengalahkan kalam cinta kepada Sang Tuhan

harpika on 01:36 PM, 15-Nov-11

subhanallah...
benar2 indah

alfahry ibn sabil on 07:40 PM, 17-Nov-11

emang topp,,,,, klo seorang sufi udah berbicara kaya bgini

daniel jbr on 04:41 PM, 19-Nov-11

pencapaian yg sangat luarbisa dan tinggi,dalam dunia sufi...

Roro Diana on 02:43 PM, 25-Nov-11

bgus bget........
bgi dong.....

ikramullah on 11:38 AM, 30-Nov-11

sayang jalaludin rumi telah meninggal.... aku ingin belajar mengerti apaarti cinta sesungguhnya

Nurhamidin Domili on 07:01 PM, 30-Nov-11

takan ada derita & takan ada air mata jika isi hatimu penuh dengan rasa cinta kepada allah.

Fazil on 07:52 PM, 02-Dec-11

Aku pun lahir atas cinta dua orangtua,jd Cinta yg dipanksa atau cinta yg mengedepankan hawa nafsu brujung kpd keburukan.Cinta..Cinta datanglah kepangkuanku..

rivki morais on 12:08 AM, 09-Dec-11

minta sya'irnya yah.. yang part 1

1001 puisi on 01:12 PM, 28-Dec-11

apa yg qt ketahui tntg cint4 selama ini hanyalah Luarx sj
krn Cinta yG sesungguhx adlh Rahasia dr Cinta itU sendiri..."

Bintang on 11:26 PM, 30-Dec-11

ijin mampir gan, silahkan kunjungi
mrbaktery.mywapblog.com

Gilang Rizki Kautsar on 10:56 PM, 02-Jan-12

penyair hebat sepanjang masa!

Najwa on 07:27 AM, 04-Jan-12

Mencitai-Mu..adalah hidup damai dalam api neraka...Wahai cinta kobarkan lagi untukku lebih panas membara

Rita Agustin on 11:54 AM, 06-Jan-12

Mencintaimu adalah semu bagiku, kau terlalu lama mengatakannya... akulah adalah bunag yang sedang menunggu kumbang yang hinggap dan mengambil manisnya madu.

Arasy on 02:12 AM, 18-Jan-12

cinta adalah tatapan mesra sang pemilik waktu.

virgo anieru on 08:53 PM, 01-Feb-12

lbih bnyk donk kata" nya coz w ska bnget am syair" nya ...

alam ikom on 02:06 PM, 14-Feb-12

mantap bnget syair2x.tmbain dikit dong....

rama on 02:45 AM, 25-Feb-12

jngan jdikan cinta itu memperbudak jasamu.tapi diperbudak lah ole rasa tangung jawab pada dri mu,..dan pada sang pencita sesuatu

ru'ya on 09:24 PM, 04-Mar-12

cinta yang tertulis dalam kata, terlalu menguak sejarah dibanding cinta dalam hati yang kan terkubur besama nanti....

iponks's on 08:03 PM, 06-Mar-12

Cinta itu adalah candu, yang menyeru pengikutnya untuk menebar kebaikan.
cinta itu adalah mesin yang menggerakan nahkodanya sampai tujuan.
cinta itu adalah belati yang menusuk tuannya tatkala tersesat.
Cinta itu adalah anugerah tatkala hati bertemu penciptanya

ikzan ngt 085755175444 on 09:16 AM, 08-Apr-12

cinta bnar2 terjadi di siapa aja
tapi cinta sperti apa yang haruz merasuk di dlm diri engkau
engkau yang smbunyi di tangkai bunga
tmpak ayo tmpakkn di bendak jwa ! smile

soelthan on 11:41 PM, 13-Apr-12

wow dah pokoknya mah...

sugeng on 11:21 PM, 08-May-12

ini lah cinta dalam keabadian dung ahirat menyatu dengan sang pemilik cinta

sugeng on 11:22 PM, 08-May-12

ini lah cinta dalam keabadian dung ahirat menyatu dengan sang pemilik cinta

syarif al qatani on 02:25 AM, 04-Aug-12

karya tokoh islam tak ada duanya..

lukman bandung on 02:19 AM, 08-Aug-12

cinta
cinta adalah nyata dan yang menghidupkan jasad, karya beliau adalah tulisan cinta pemilik cinta

echo on 01:57 AM, 30-Sep-12

cint adalah alasan untuk kita ada di dunia....

, koq ribet'' mikirin yang namanya cinta....

Disa on 01:42 PM, 23-Oct-12

Indah bgt kata-kata cinta nya

krisyanto on 06:54 PM, 12-Apr-14

semua sya'ir akan punah ketika dunia ini sirna

Subscribe to comments feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(Some BBCode tags are allowed)

Security Code:
Enable Images